Macam-Macam Fasilitas Untuk Belajar
Kegiatan belajar mengajar akan berjalan lancar, teratur, efektif dan efisien
jira ditunjang dengan fasilitas sekolah dan fasilitas pribadi yang memadai, baik. Karena tanpa adanya fasilitas yang memenuhi
persyaratan tentunya kegiatan belajar dan keberhasilan belajar akan terhambat.
Adapun fasilitas belajar tersebut adalah :
A. Gedung Sekolah menjadi central perhatian dan pertimbangan bagi setiap pelajar yang ingin
memasuki suatu lembaga sekolah tertentu . Karena keadaan gedung sekolah yang ada berpengaruh
terhadap sesuatu relajar mengajar.
B. Ruang belajar (kelas) adalah suatu
ruangan sebagai tempat terjadinya proses interaksi belajar mengajar. Kelas yang
baik adalah kelas yang dapat menciptakan kondisi yang kondusif,
karena ruangan belajar merupakan salah satu unsur penunjang balajar yang
efektif dan menjadi lingkungan belajar yang nantinya berpengaruh terhadap
kegiatan dan keberhasilan belajar.
1) Ukuran Kelas Mengenai bentuk dan
ukuran kelas hendaknya disesuaikan dengan rancangan pengembangan instruksional
yang Sangat efektif untuk belajar dan mengajar. Sehingga daya serap anak didik
terhadap suara guru dapat mendengar dengan baik. Baik itu siswa yang duduk
didepan maupun yang duduk di belakang. Dan luas kelas hendaknya memungkinkan
murid yang duduk paling belakang sekalipun untuk membaca tulisan di papan tulis
dengan jelas mendengarkan suara guru dengan baik.
2) Penerangan Suatu tempat
belajar yang baik bila memiliki penerangan yang cukup, sehingga seseorang akan
dapat membaca dengan kapasitas yang lebih besar dan kelelahan mata yang lebih
kecil apabila memanfaatkan penerangan alamiah.
3)
Sirkulasi Udara (Ventilasi). Dengan adanya
ventilasi maka sirkulasi udara yang kita hirup akan tetap bersih dan ruangan
yang kita gunakan untuk belajar tidak terasa pengap tetapi sebailiknya kalau
sirkulasi udara yang tidak nyaman, siswa dalam belajar mengalami kepengapn udar
dan kejenuhan belajar.
4) Tempat Duduk Dan Meja Tulis Mengenai persyaratan
meja tulis antara lain tidak tertutup seluruhnya pada permukaan meja hingga
kelantai agar sirkulasi udara dibawah meja lancar sehingga kaki siswa tidak
cepat gerah dan panas, permukaan meja handaknya rata dan tidak mengkilapatau
berwarna gelap
C. Mushollah (Tempat Ibadah) Tempat
ibadah merupakan salah satu fasilitas belajar harus ada di sekolah. Khususnya
masjid atau mushollah untuk menunjang pendidikan agama islam yang ada disekolah
tersebut. Suatu sekolah yang peserta didiknya sebagaian besar beragama islam,
maka sebaiknya lembaga sekolah tersebut mempunyai mushollah. Untuk menanamkan
iman dan taqwannya kepada Allah SWT.
*Masjid An-Naba*
|
D. Alat
atau Media Pengajaran Media pengajaran dapat diartikan sebagai segala sesuatu
yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan, merangsang pikiran, perasaan,
perhatian dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong proses belajar.
Beberapa jenis media yang
dapat digunakan dalam proses belajar mengajar pendidikan agama islam antara
lain :
1. Media Grafis termasuk media Visual. Dalam media ini
pesan yang akan disampaikan dapat dituangkan dalam bentuk simbol-simbol
komunikasi.
Yang termsuk dalam media garfis antara lain : gambar, foto,
sketsa, diagram, bagan, grafik poster dan peta.
2. Media Audio adalah media yang berhubungan dengan indera pendengaran berfungsi menyampaikan
pesan pembelajaran pendidikan agama yang akan disampaikan, dituangkan ke dalam
lambang-lambang auditif baik bersifat verbalis. Yang
termasuk media ini adalah radio, tape recording, laboratorim bahasa
3. Media
Proyeksi adalah media visual. Media ini pela
interaksinya harus diproyeksikan dengan proyektor terlebih dahulu agar pesannya
dapat dilihat oleh siswa
Dalam
kegiatan belajar mengajar disekolah membaca merupakan salah satu kegiatan pokok
yang tidak mungkin dihindari oleh setiap peserta didik. Untuk itu perlu adanya
gudang bacaan berupa perpustakaan untuk mengembangkan materi yang di pelajari
pada waktu berlangsung proses pembelajaran, karena belajar tidak hanya sebatas
diruang kelas, perpustakaan juga sangat menunjang. Tujuan dari pengadaan perpustakaan sekolah adalah untuk :
1.
Meningkatkan kemampuan berfikir dan menanamkan kebiasaan belajar mendiri sesuai
dengan bakatnya.
2. Menanamkan keterpaduan dari pengetahuan yang dimiliki oleh
peserta didik.
3. Peserta didik memperoleh pengertian dengan cara menghargai
presentasi keilmuan yang di peroleh seseorang dari kegiatan mencari sendiri
melalui membaca buku.

F. Alat-Alat Tulis Proses belajar mengajar tidak dapat
dilakukan dengan baik, tanpa alat tulis yang dibutuhkan. Semakin lengkap alat
tulis yang dimiliki semakin kecil kemungkinan belajarnya akan terlambat.
Alat-alat tulis yang disediakan sekolah dan yang dimiliki siswa dapat berupa :
1. Pensil dan bolpoin
2. Penggaris
3. Penghapus
4. Alat-alat yang lain secara
langsung menunjang studi siswa yang perlu dimiliki.
G. Buku pelajaran Selain
alat-alat tulis, dalam kegiatan belajar eseorang perlu memiliki buku yang dapat
menunjang dalam proses belajar. Buku-buku yang dimiliki siswa antara lain :
1.
Buku Pelajaran Wajib Yaitu buku pelajaran yang sesuai dengan bidang study yang
sedang dipelajari oleh peserta didik seperti buku paket
2.
Buku Tambahan Buku tambanhan dapat berupa buku penunjang selain buku pelajaran
wajib yang dapat menunjang prestasi belajar misalnya : majalah tentang
pendidikan, ilmu pengetahuan dan lain-lain.
H. Alat-Alat lain Disamping macam-macam
fasilitas belajar yang sudah disebutkan diatas, adapula benda-benda lain yang
langsung menunjang belajar siswa antara lain : rak buku, tas sekolah,
transportasi dan lain-lain.
Jika Fasiltas belajar sudah anda miliki, proses kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan lancar, efisien ,dan tepat. Oleh karena itu, Fasilitas belajar yang diberikan sekolah maupun individu sangatlah penting untuk siswa menuntut ilmu.
Komentar
Posting Komentar